Jumat, 02 Oktober 2015

pengertian tune-ap mesin mobil dan cara kerjanya


pengertian tune-ap mesin dan cara kerjanya


pengertian tune-ap pada mesin adalah servis ringan pada mesin mobil untuk mendapatkan hasil yang maxsimal, agar mobil selalu dalam kondisi baik/prima, tune-ap biasanya di lakukan beberapa bulan sekali bahkan juga bisa setahun sekali semua itu tergantung dari pemakainya sendiri, karena mesin di operasikan secara terus menerus maka perlu di lakukan tune-ap motor secara periodik.

pemeriksaan komponen tune-ap pada mesin mobil meliputi :

  1. sistim pendinginan                                                                                                                              
  2. tali kipas
  3. saringan udara
  4. baterai 
  5. oli mesin
  6. busi
  7. kabel tegangan tinggi
  8. distributor
  9. celah katup
  10. karburator
  11. putaran idle dan penyetelan campuran idle
  12. putaran idle tinggi
  13. tekanan kompresi 


cara/proses pemeriksaan


  1. sistim pendingin                                                                                                                                   > periksa tinggi air pendingin di tanki cadangan (reservoir tank), periksa air pendingin kemungkinan terdapat oli,karat dan kotoran, periksa kemungkinan terdapat kerusakan/berubahnya bentuk dari radiator/slang,periksa klem slang kalau longgar kencangi lagi, kerusakan/berkaratnya kisi kisi radiator, kebocoran pompa air, inti radiator (core) atau longgar nya sumbat penguras air,periksa cara kerja tutup test radiator menggunakan alt penutup test radiator.
  2. tali kipas                                                                                                                                               > periksa secara visual kemungkinan terdapat retak,berubah bentuk,terlalu kencang/aus dan juga kemungkinan terkena oli/gemuk,periksa juga persinggungan antara tali dan puli, periksa dan stel kekencangan tali kipas dengan menggunakan alat penekan tali kipas.
  3. saringan udara                                                                                                                                     >buka elemen saringan udara (note: usahakan agar tidak ada kotoran/benda lain masuk ke dalam karburator) untuk membersihkan elemen, hembuskan udara bertekanan dari sebelah dalam, jika elemen koyak/terlalu kotor saran saya ganti dengan yang baru
  4. baterai                                                                                                                                                 >periksa baterai secara visual kemungkinan terdapat penyangga baterai yang berkarat, hubungan terminal longgar, terminal berkarat atau rusak, baterai rusak atau bocor. ukur juga berat jenis elektrolit menggunakan hydrometer (berat jenis 1,25-1,27), periksa juga banyak nya elektrolit pada setiap sel, jika tidak berada pada ketinggian yang semestinya, isilah dengan air suling.
  5. oli mesin                                                                                                                                               >periksa ketinggian oli mesin, tinggi oli harus berada antara tanda L dan F jika lebih rendah periksa kemungkinan ada kebocoran oli, ganti/tambah dengan oli yang baru,periksa juga kualitas oli kemungkinan sudah kotor atau sudah berganti warna, ketika anda hendak mengganti oli ganti juga filter oli nya/ bisa juga setiap ganti oli 2x ganti filter nya 1x jika anda ingin menghemat pengeluaran.
  6. busi                                                                                                                                                       >periksa busi kemungkinan terdapat retak atau kerusakan lain pada ulir dan isolator, keausan elektroda, gasket rusak atau berubah bentuk, elektroda terbakardan terdapat kotoran yang berlebihan.bersihkan ulir dan permukaan luar isolator, periksa setiap celah busi menggunakan alat pengukur celah busi(jika perlu stellah dengan membengkokkan bagian yang menonjol dari elektroda).
  7. kabel tegangan tinggi                                                                                                                         >pada waktu menarik kabel busi, tariklah dengan memegang bagian ujung kabenya, jangan memegang bagian tengah kabel karena bisa berakibat kabel busi putus, periksa juga (tahanan kabel : kurang dari 25 k ohm)
  8. distributor                                                                                                                                             >periksa











Tidak ada komentar:

Posting Komentar